Pantai Pelang Trenggalek, Pantai di Jawa Timur dengan Air Terjun

Pantai Pelang Trenggalek adalah salah satu destinasi tempat wisata di Trenggalek paling populer dan menarik untuk dikunjungi. Berbeda dengan pantai di Jawa Timur lainnya, pantai Pelang memiliki keunikan tersendiri, di tempat wisata ini Anda dapat menyaksikan perpaduan harmonis antara keindahan pantai, bukit-bukit, goa hingga air terjun.
Pantai yang berelief landai dengan pasit kecoklatan ini terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten  Trenggalek. Pantai ini berada di lembah yang dikelilingi bukit-bukit serta tebing, maka jangan heran ketika Anda berwisata di sana Anda akan dapat merasakan hawa sejuk dan segar. untuk bisa bermain pasir pantai yang Anda di sana, Anda harus melewati sebuah jembatan di atas sungai air tawar.

Pesona keindahan dan spot menarik di Pantai Pelang Trenggalek

Aktivitas paling populer yang sering dilakukan para pengunjung ketika berwisata di salah satu pantai di Jawa Timur ini adalah menikmati pemandangan indah dari atas perbukitan. Di sana terdapat gardu pandang yang dapat memudahkan para wisatawan untuk menikmati panorama Pantai Pelang.

Pantai Pelang Trenggalek
Pantai Pelang Trenggalek

Meskipun ombaknya cukup tenang para pengunjung tidak dibolehkan untuk berenang di sana. Hal ini karena di pantai Pelang tidak ada penjaga pantainya, oleh karena itu untuk berjaga-jaga di kawasan pantai ini terdapat larangan untuk tidak berenang ataupun mandi di pantai. Pantai Pelang juga tidak memiliki pasir putih seperti pantai lainnya. Namun meskipun begitu, keindahan dari Pantai Pelang juga tidak bisa dipungkiri. Para wisatawan yang pernah ke sana mengatakan bahwa pemandangan di Pantai Pelang benar-benar eksotis.
Saat Anda menghadap ke arah Timur, Anda akan bisa melihat hamparan pantai Konang dan Pulau Godo dari kejauhan. Sedangkan jika Anda menghadap ke arah barat Anda bisa melihat tebing raksasa yang menjulang tinggi.
Tak hanya itu saja, selain dapat menikmati pemandangan dari gardu pandang, Anda pun bisa melihat keindahan air terjun yang ada di pantai ini. Air terjun yang terletak 300 meter dari pantai ini bernama Air Terjun Grobogan Sewu. Sebagian besar para wisatawan lebih senang menghabiskan waktunya bermain-main di air terjun ini dibandingkan melihat pemandangan alam pantai. Konon katannya, air terjun setinggi 10 meter ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan segala macam penyakit serta dapat membuat wajah tampak awet muda.
Meskipun hanya memiliki ketinggian 10 meter, akan tetapi air terjun yang satu ini terbilang unik dan menarik untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan air mengalir jatuh dari tebing yang cukup panjang, tebingnya pun berupa mirip batuan Karst yang bewarna putih agak kekuningan. Tak hanya itu saja, disekitar air terjun juga terdapat pohon yang tumbuh dengan subur. Akara pohon yang melintang seakan-akan menghalangi laju aliran air terjun tersebut.
Sinar matahari yang menyinari pepohonan di sekitar air terjun menambah keindahan pemandangan yang ada di sana. Jika diperhatikan dengan teliti di bawah tebing air terjun terdapat lubang-lubang kecil seperti sebuah goa yang menarik untuk dikunjungi.
Air Terjun Grobogan Sewu ini memiliki nama lain yang lebih terkenal yaitu Air Terjun Pantai Pelang. Dinamakan Air Terjun Pantai Pelang karena air terjun yang satu ini berada di dalam kawasan wisata Pantai Pelang Trenggalek.

air terjun di pantai pelang
Air Terjun di Pantai Pelang Trenggalek

Meksipun Pantai Pelang  belum  dikembangkan secara optimal, akan tetapi sudah banyak fasilitas yang disediakan di pantai ini, seperti kamar mandi bilas, mushala, tempat parkir, bumi perkemahan, taman bermain serta warung-warung makan. Ketika berwisata ke sana Andapun harus berhati-hati, karena jalan di sekitar air terjun cukup licin. Jika tidak berhati-hati, dikhawatirkan para pengunjung bisa terpeleset.
Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Pelang ini adalah pada saat musim penghujan. Hal ini dikarenakan pada musim penghujan debit airnya lebih banyak jika dibandingkan pada musim kemarau. Para pengunjung yang berwisata ke sini pun diharapkan tidak merusak alam yang ada di sana.
Bagi Anda yang berasal dari luar kota, di sekitar tempat wisata tidak ada penginapan ataupun hotel. Jika ingin bermalam di sana Anda bisa mendirikan tenda-tenda sebagai tempat beristirahat ataupun mencari tempat menginap di sekitar kota Panggul.
Akses menuju Pantai Pelang Trenggalek
Untuk bisa sampai ke sini Anda harus menempuh perjalan sejauh 56 km dengan kondisi jalan yang terbilang bagus. Lokasi pantai ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan angkutan umum. Jika Anda berada di Pacitan, Anda harus melewati daerah Lorok dan jalan masuk ke pantai ini sejauh 5 km dari jalan raya dengan kondisi jalan yang cukup bervariasi, mulai dari jalan batu hingga aspal.
Saat ini menuju Pantai Pelang sudah beraspal dan sudah bagus Untuk bisa masuk ke pantai ini para pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk anak-anak, Rp 7.500 untuk dewasa.

sumber:https://wikiwisata.com/pantai-pelang-trenggalek-pantai-di-jawa-timur-dengan-air-terjun

Komentar

Postingan Populer